Selamat Datang di Blog SMP NURIS JEMBER Dapatkan Informasi Yang Akurat Tentang Lembaga Kami,Artikel menarik, Info Pendidikan dll

Deskripsi Artikel

PROGRAM KERJA KESISWAAN

Selasa, 18 Oktober 2011


P R O G R A M   K E R J A   K E S I S W A A N
SMP NURIS JEMBER
T A H U N  A J A R A N  2 0 1 1 / 2 0 1 2

I.  PENDAHULUAN
Sebagai wadah pembentukan kepribadian siswa secara utuh, sekolah  harus memiliki program yang terencana dengan segala pertimbangan yang disesuaikan dengan peserta didik dan lingkungan sekolah tersebut. Disamping transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, pembentukan mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa juga harus trcapai. Melihat dari hal tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik sedapat mungkin diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan OSIS beserta ekstra kurikulernya.
Di dalam pelaksanaannya kegiatan OSIS dengan ekstra kurikulernya memerlukan pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai wujud pengembangan kepribadian serta kemampuan siswa, disamping itu pula merupakan bagian dari pendidikan akhlak mulia.
II.  PROGRAM KEGIATAN
Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesiswaan selama satu tahun ke depan adalah :
1.   PENERIMAAN SISWA BARU
Kegiatan Penerimaan Siswa Baru dilaksanakan pada setiap sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Kegiatan ini akan dilaksanakan berdasarkan kepada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan setiap tahun.
2.   MELAKSANAKAN KEGIATAN MOPD
MOPD (Masa Orientasi Pendidikan Dasar) merupakan masa-masa pengenalan kampus bagi siswa baru yang telah diterima. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  
3. ORGANISASI
A. OSIS dan MPK
a.1. Mengokohkan eksistensi OSIS di hadapan seluruh siswa sebagai motor penggerak dan  fasilitator kegiatan siswa secara keseluruhan.
a.2. Meningkatkan kemampuan managerial OSIS secara mandiri dalam menyelenggarakan  setiap kegiatan di sekolah.
a.3. Membantu membentuk pribadi pemimpin pada diri anggota OSIS
a.4. Mendorong siswa untuk berusaha memahami sikap demokratis
a.5. Membantu siswa untuk belajar mampu menerima kekurangan orang lain.
a.6. Memberikan pengalaman bagi siswa mengenai mekanisme kerja organisasi.
a.7. Memberikan pengertian bahwa OSIS merupakan wadah dan Induk serta evaluator bagi  pengembangan ekstra kurikuler.

Upaya untuk mencapai hal tersebut maka harus dilaksanakan :
1. Mengadakan pemilihan calon ketua OSIS dan calon anggota OSIS secara selektip melalui Beberapa tahap wawancara, diklat yaitu diklat 1, 2 dan 3.
2. Mengadakan simulasi mini event secara mandiri dengan diberi durasi waktu persiapan selama 2 minggu sebagai uji coba dari diklat yang telah dilaksanakan.
3. Melaksanakan kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa dengan Penekanan materi kepada ke OSIS san, Management kegiatan, kepemimpinan serta manajemen keuangan dan budi pekerti.
4. Mengadakan event dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari sebelumnya sebagai uji coba dari hasil LDKS.
5. Penyusunan Program kerja dan pelaporan pertanggung jawaban.
6. Mengadakan kunjungan studi banding terhadap OSIS di sekolah lain.
7. Selalu melaksanakan pertemuan sebagai evaluasi kegiatan rutin dilaksanakan setiap satu bulan satu kali.
8. Mendorong OSIS agar selalu menjadi pelopor bagi terlaksananya program sekolah di kalangan siswa.
9. Membentuk Pribadi siswa OSIS yang selalu menjadi inisiator tindakan yang baik di lingkungan sekolah khususnya.
8. Melaksanakan kegiatan riil sebagai pembelajaran Organisasi seperti:
                        a. Peringatan hari Proklamasi
                        b. Peringatan Isro Mi’raj
                        c. Maulid Nabi Muhammad Saw
                        d. Porseni
                        e. Melaksanakan Razia
                        g. Melaksanakan lomba kebersihan
                        h. Melaksanakan Upacara bendera setiap hari senin
                        i. Membantu pelaksanaan kegiatan MOS
                        j. Melaksanakan kegiatan bakti social
                        k. Melaksanakan kegiatan pengajian bagi umat muslim.
                        l. Mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah.
                        m. Melaksanakan kegiatan Iedul Adha
                        n. Menjadi bagian yang terintegrasi dari organisasi sekolah.
 B. Ekstra Kurikuler
      b.1. Mengokohkan eksistensi ekskul sebagai wadah pembentukan dan pengembangan bakat dan potensi siswa di luar akademik.
      b.2. Menjadikan Ekskul disamping sebagai wadah bagi perintisan prestasi siswa khususnya, juga sebagai wadah pengembangan kepribadian seperti kepercayaan diri.
      b.3. Menjadikan ekskul sebagai salah satu sumber raihan prestasi sekolah minimal di tingkat kota.

Untuk mencapai hal tersebut upaya yang akan dilakukan adalah :
1.       Melakukan promosi Ekskul kepada seluruh siswa
2.       Mengadakan rekrutmen untuk anggota baru serta mengadakan seleksi.
3.      Melakukan wawancara khusus bagi siswa yang akan memilih dua ekskul, agar tidak mengganggu sekolah, dan demi tercapainya prestasi ekskul yang maksimal.
4.       Melaksanakan pembuatan program kegiatan
5.       Melaksanakan Rapat Laporan Pertanggung Jawaban.
6.       Mengadakan pembinaan latihan 2 kali seminggu.
7.       Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
8.       Mengikuti event-event pertandingan.
9.       Melaksanakan pembinaan dan peningkatan motivasi, baik secara organisasi maupun personal.
4. KEDISIPLINAN
      A. DISIPLIN SISWA
1. Meminimalisir keterlambatan masuk kelas pada jam ke nol
2. Meminimalisir ketidak hadiran
3. Membentuk keseragaman pada kerapihan berpakaian, rambut dan lain-lain.
4. Membentuk siswa yang selalu siap melaksanakan tugas-tugas sekolah dengan baik.
Untuk mencapai  hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :
1.     Memberlakukan peraturan yaitu, bila siswa terlambat masuk sekolah pada jam ke nol, maka siswa tidak boleh masuk ke dalam kelas dan berdiri di pintu gerbang sambil membaca surat yasin. Siswa tersebut boleh masuk ke dalam kelas setelah diurus oleh waka Kesiswaan atau guru piket dan diberi izin masuk kelas.
2.     Siswa yang terlambat (poin 1) akan didata, apabila melebihi 3 kali, maka akan dipanggil orang tua, untuk memecahkannya dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama satu minggu sebagai pembelajaran dan latihan.
3.     Bila siswa datang ke sekolah melewati pukul 07.00 dengan tanpa alasan yang dibenarkan oleh Waka Kesiswaan atau guru Piket, maka akan diminta untuk pulang kembali, dan dianggap alpa. Sedang yang beralasan dengan alasana yang ditolelir oleh waka Kesiswaan atau guru piket siswa tersebut akan diurus, dan boleh masuk kelas setelah mendapat surat izin masuk kelas.
4.     Siswa yang tidak hadir tanpa keterangan 3 kali akan dipanggil menghdap Kesiswaan dan apabila mengulangi kembali, maka akan dipanggil orang tuannya untuk musyawaran memecahkan masalah tersebut, dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama 2 minggu. Apabila tidak ada perubahan maka akan diminta untuk pindah ke sekolah terdekat.
5.    Mengadakan koordinasi dengan para guru dan wali kelas untuk selalu mengawasi dan mengarahkan anak didiknya, dalam disiplin, baik kehadiran, berpakaian, berprilaku, rambut selalu pendek dan rapih, pelaksanaan tugas-tugas mata pelajaran dll.
6.     Mengadakan razia atas pakaian, atribut, rambut serta barang-barang lain yang tidak perlu dibawa ke sekolah dan barang-barang berbahaya, satu bulan 2 kali.
8.       Membuat tata tertib siswa, dengan sosialisasi dilakukan oleh wali kelas.

B. KEBERSIHAN LINGKUNGAN
     1. Menjadikan seluruh kelas yang bersih, nyaman.
     2. Menjadikan lingkungan bersih di luar kelas
Untuk mencapai hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :
1.     Memberlakukan wajib kunci bagi semua kelas secara mandiri waktu istirahat dan sepulang sekolah. Hal ini dilakukan agar kelas tidak digunakan sewenang-wenang oleh siswa tidak bertanggung jawab, seperti dipakai mojok, curat coret, membuang sampah sembarangan dll.
2.      Koordinasi dengan wali kelas agar piket wajib selalu dilaksanakan sepulang sekolah, dan yang tidak melaksanakan piket akan dikenakan teguran oleh wali kelas.
3.      Selalu diumumkan kelas paling bersih dan kelas paling kotor setiap satu bulan satu kali.
4.      Selalu mengkampanyekan kebersihan baik melalui setiap guru, wali kelas, maupun slogan-slogan.

5. PRESTASI AKADEMIK
1. Mencapai prestasi terbaik/unggul dalam setiap olympiade mata pelajaran yang diselenggarakan  dinas pendidikan.
2. Memperoleh juara pada setiap event karya tulis yang diselenggarakan perguruan tinggi,   ataupun   lomba yang lainnya yang berkaitan dengan mata pelajaran.
3. Meningkatkan Pengetahuan / wawasan siswa di luar kelas sebagai Pengembangan dari teori   pelajaran di kelas.
Upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah :
1.     Membentuk kegiatan club bidang studi dan mengadakan pembinaannya.   
2.     Mengadakan kerja sama dengan wali kelas untuk mengadakan pembinaan baik secara klasikan maupun personal, dalam pemecahan masalah motivasi belajar.
3.  Menyelenggarakan Karyawisata ke objek sejarah serta mengadakan Penelitian sederhana ke perusahaan dengan dituangkan dalam bentuk laporan karya tulis.
4.  Membentuk club karya ilmiah dan mengadakan pembinaan.

6. KEAGAMAAN
1. Membentuk suasana agamis di lingkungan sekolah dalam bentuk sikap saling menghargai antara murid dengan guru.
2.  Membentuk suasana/iklim yang tenang dalam kegiatan sekolah sehari-hari
 Upaya untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan :
1.    Membiasakan ucapan salam baik dari murid kepada guru ataupun sebaliknya.
2.    Mewajibkan pada setiap kelas untuk membaca surat yasin pada jam ke nol.
3.    Menyisipkan pesan kepada setiap guru agar disampaikan pesan-pesan moral dalam setiap mengajar.

7.  ADMINISTRASI KESISWAAN
Untuk menunjang kelancaran kegiatan kesiswaan, perlu dilengkapi administrasi kesiswaan sebagai berikut :
1.       Rekapitulasi Absen siswa Kesiangan, Izin dan sakit
2.       Daftar siswa mutasi
3.       Daftar siswa pindah ke luar
4.       Daftar Prestasi ekskul
5.       Daftar ranking siswa
6.       Daftar keadaan siswa / Keluar dan masuk siswa
7.       Progran kerja kesiswaan
8.       Program kerja OSIS
9.       LPJ OSIS
10.   Program kerja Ekskul
11.   Buku Konseling siswa
12.   Jadwal latihan ekskul
13.   Daftar hadir peserta ekskul
14.   Administrasi keuangan ekskul
15.   Daftar penerima beasiswa
16.   Surat Dispensasi
17.   Surat pengantar siswa mengikuti suatu kegiatan di luar sekolah
18.   Surat tugas kepada guru yang membimbing siswa ke luar sekolah
19.   Daftar siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi
20.   Mengadakan kerja sama dengan pihak luar, Masyarakat/perusa-
Haan.
21.   Foto-foto kegiatan kesiswaan
22.   Proposal-proposal kegiatan siswa.
23.   Daftar Alumni
24.   LPJ Ekskul
25.   Program MOPD
26.   Program Karyawisata
27.   Daftar Siswa Tidak Naik
28.   Tata tertib siswa
29.   Surat-surat Undangan dari luar
30.   Program PSB
31.   Surat-surat panggilan siswa
32.   Daftar Nama siswa
33.   Perjanjian siswa



III.   PENUTUP
Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat banyak dan bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran dan ide kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan atau pegangan dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa , sehingga akan terbentuk siswa yang cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jember,
Waka Keisswaan


Hosaini, S.H.I

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

  © Blogger template Foam by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP